Bertekun dalam Hidup Rohani

Bertekun dalam Hidup Rohani

Pendidikan rohani dan karakter tetap menjadi pokok perhatian sekolah-sekolah di bawah naungan Penyelenggaraan Ilahi. Kelas 6 SD Marsudi Utami Tahun ini  melalui kegiatan retret 7 – 8 Maret,

cita-cita_sdmarsudiutamismg

cita-cita_sdmarsudiutamismg

di Griya Paseban Semarang, mendalami tema “Who am I”, sebagal salah satu upaya ke arah itu.

Melalui langkah-langkah dinamika kelompok, tugas dan refleksi pribadi, setiap siswa dilatih mengenali diri sendiri. Berangkat dari latar belakang kultur keluarga yang berbeda-beda, jenis kelamin sebagai anak laki-laki dan perempuan, masing-masing dianugerahi kemampuan, daya, dan kehendak untuk berkembang.

Dinamika Kelompok retret kali ini, mengajak setiap anak mengekspresikan diri. Menggambar potret diri, menuliskan data diri, melatih keberanian menerima apa yang ada. Tak ada keluarga yang sempurna, tak ada pribadi yang hanya memiliki kekurangan atau kelebihan saja. Semua terkombinasi dengan sangat indah dan menarik. Ketika anak diajak memasuki diri sendiri yang dilengkapi dengan berbagai kemampuan, ia akan terkejut betapa banyak yang ia temukan sebagai rahmat kehidupannya. Sebaliknya hal-hal yang pahit, keluarga yang tak seideal yang mereka harapkan, melatihkan rasa syukur. Bersyukur atas masa-masa yang sulit yang dihadapi, sebab melalui itulah setiap anak akan bertumbuh menjadi lebih dewasa. Bersyukur tentu saja dimaksudkan dalam konteks manusia beriman bahwa Allah adalah baik. Ia punya rencana sangat hebat untuk setiap pribadi meski jalannya berliku dan mendaki.

Diharapkan melalui aktivitas ini yang terintegrasi dengan aktivitas lain di sekolah, diharapkan akan terbentuk identitas diri. Yaitu semacam titik pertemuan atau persimpangan antara kekuatan dari dalam dan kekuatan dari luar diri seseorang yang membuat seseorang menjadi dirinya. Tentu saja penemuan diri yang otentik akan memberi kebahagiaan yang mendalam. Kebahagiaan akan mendorong seseorang hidup berbagi, peduli, penuh belas  kasih pada orang lain. dan itulah salah satu tujuan pembentukan manusia muda di sekolah-sekolah Penyelenggaraan Ilahi.

 

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top