Tahukah Anda? Vanilla…

Tahukah Anda? Vanilla…

Vanilla atau Vanili, yang berasal dari Mexico ini merupakan tanaman bumbu perasa termasuk dalam keluarga besar anggrek. Diam-diam Vanilla menjadi bumbu termahal ke-2 setelah kunyit (Rp 225rb – 360rb/kg)! Karena dapat ditanam tanpa membutuhkan lahan yang luas, budidaya Vanilla dapat dipilih, setidaknya untuk melatih anak-anak atau siswa kita mengenal tanaman yang ternyata juga memiliki manfaat:

1. Mengurangi nafsu makan
Aroma vanilla akan membuat Anda makan lebih sedikit. Hal ini disebabkan wangi vanilla yang ‘menipu’ otak. Aromanya membuat otak berpikir kalau Anda sudah makan lebih banyak dari sebenarnya. Jadi, tak ada salahnya untuk menghirup vanila sebelum makan, untuk membantu mengontrol nafsu makan.

2. Pengusir serangga
Vanilla juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir serangga. Nyamuk sangat tidak tahan dengan bau vanila, jadi Anda bisa menjadikan vanilla sebagai bahan penyemprot serangga yang aman dalam rumah. Untuk membuatnya campur saja dua ons ekstrak vanila dengan dua ons air dalam botol semprot kecil. Anda pun memiliki penangkal serangga yang harum dan aman.

3. Pengharum rumah
Untuk membuat rumah terkesan hangat, aroma juga harus diperhatikan. Tak perlu menggunakan pengharum ruangan buatan yang terbuat dari bahan kimia. Manfaatkan saja minyak aroma terapi vanilla. Bakar minyak tersebut selama beberapa menit. Atau, Anda bisa mencampur minyak dengan air dalam botol penyemprot. Lalu, semprotkan di seluruh sudut ruangan rumah.

4. Melembutkan kulit
Vanilla mengandung antioksidan tinggi. Beberapa ahli kulit memanfaatkan vanilla untuk melindungi kulit dari racun. Anda bisa membuat pembersih wajah sendiri yang terbuat dari bubuk vanila.

sumber: favim
informasi bibit:
PT. Villa Domba Niaga Indonesia
Sdr. Agus Ramada S, HP. 0815.941.3826
Email. agusramadas@yahoo.co.id

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top